Rangkuman Definisi, Peran dan Lingkup Pengantar Akuntansi semester 1


DEFINISI , PERAN DAN LINGKUP AKUNTANSI


  •            DEFINISI
       Definisi akuntansi menurut Firdaus A.Dunia (2013 : 4) Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai aktivitas bisnis dari suatu kesatuan ekonomi. Akuntansi menghasilkan informasiyang berguna bagi pemakai, bagi pihak-pihak internal atau yang mengelola perusahaan dan bagi pihak-pihak luar perusahaan. Kegunaan dari informasi akuntansi bagi pemakai adalah membantu dalam mengambil keputusan. Dari definisi ini dapat pula dinyatakan bahwa akuntansi adalah “bahasa bisnis” karena akuntansi berfungsi sebagai media komunikasi dari informasi bisnis. Kesatuan ekonomi yang dimaksud dalam buku pengantar akuntansi adalah perusahaan atau badan usaha.
Definisi akuntansi menurut Al Haryono Jusuf (1991 : 1) dapat dibedakan menjadi dua sudut pandang, yaitu:


1.      Dari sudut pandang jasa pemakai
       Akuntansi adalah suatu disiplin yang memberikan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu entitas.
2.      Dari sudut pandang proses kegiatan
      Akuntansi adalah proses pencatatan,penggolongan,peringkasan, pelaporan dan penganalisisan data keuangan dari suatu entitas.
  •        PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI
Berbagai individu dan pihak-pihak yang berkepentingan yang menggunakan informasi akuntansi adalah sebagai berikut:
1.      Individu. Orang-orang dalam masyarakat umum menggunakan informasi akuntansi untuk kepentingan-kepentingan tertentu, misalnya melakukan investasi dan membuat keputusan apakah membeli atau menyewa sebuah rumah.
2.      Pemodal atau Calon Pemodal. Pemodal (investor) dan calon pemodal membutuhkan informasi akuntansi mengenai posisi keuangan dan profitabilitas untuk mengetahui prospek perusahaan di masa datang dan keselamatan investasi mereka. Keputusan yang diambil adalah apakah memulai, menambah, mengurangi, menarik, atau mempertahankan investasi dalam suatu perusahaan.
3.      Kreditor. Bank dan para rekanan membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi pembayaran-pembayaran yang dijadwalkan sebelum memberikan pinjaman.
4.      Badan Pemerintah. Sebagai contoh adalah Ditjen pajak dan bapepam sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi dari perusahan untuk tujuan pengenaan pajak dan pembuatan peraturan(regulation).
5.      Karyawan. Para karyawan dan serikat pekerjanya membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui stabilitas dan profitabilitas perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini berhubungan dengan permintaan gaji dan upah serta bonus mereka.
6.      Kelompok Konsumen. Mereka juga tertarik denganinformasi akuntansi yang menggambarkan jumlah laba yang diperoleh perusahan.
7.      Manejemen (pemimpin perusahan). Merupakan pihak yang paling banyak berhubungan dengan informasi akuntansi. Berdasarkan informasi ini pihak manajemen membuat keputusan-keputusan yang secara langsung akan mempengaruhi operasi perusahan. 

      Baca Juga : Bentuk dan isi laporan keuangan pengantar akuntansi

  •        PROSES AKUNTANSI
Dalam menghasilkan informasi ekonomi, perusahan memerlukan sesuatu proses yang terdiri atas beberapa aktifitas akuntansi. Proses akuntansi ini akan terjadi secara berulang dan berkelanjutan paada priode-priode akuntansi berikutnya. Oleh karena itu proses akuntansi disebut juga siklus akuntansi (accounting cycle).
  •       PROFESI AKUNTAN
Permintaan terhadap jasa akuntansi akan meningkat seiring dengan kenaikan dalam jumlah, ukuran dan kompleksitas bisnis atau usaha. Di samping itu adanya undang-undang dan peraturan-peraturan baru juga dapat meningkatkan permintaan akan jasa akuntansi. Berbagai jenis profsi akuntan :
1.      Akuntansi Manajemen atau Akuntan Swasta (Private Accountants)
2.      Akuntan Publik (Public Accountants)
3.      Akuntan Pemerintah (Government Accountants)
4.      Akuntan Pendidikan
  •         KODE ETIK AKUNTAN
Kode etik akuntan meliputi sifat-sifat manusia yang ideal atau disiplin atas diri sendiri melebihi persyaratan atau kewajiban menurut undang-undang. Bagi para akuntan, kode etik merupakan prinsip moral yang mengatur hubungan antara:
1.      Akuntan dengan para pelanggannya
2.      Sesame rekan akuntan
3.      Akuntan dengan masyarakat
  •       PERAN AKUNTANSI
Tujuan utama akuntansi adalah :
Menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada kepada pihak – pihak yang berkepentingan
 

  •  RUANG LINGKUP AKUNTANSI
Timbulnya bidang – bidang khusus dilapangan akuntansi dikarenakan adanya kemajuan teknologi dan perekonomian karena kemampuan dari seseorang terhadap cabang suatu ilmu sangat terbatas.
Bidang – bidang akuntansi adalah :


1. Akuntansi keuangan ( Financial Accounting )
Bidang ini berkaitan dengan akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Ia berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak – pihak diluar perusahaan.


2. Pemeriksaan akuntansi ( Auditting )
Bidang ini berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas terhadap laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntasi keuangan. Dimana tujuan utama dari dilakukannya pemeriksaan adalah agar informasi akuntansi yang disajikan agar dapat lebih dipercaya, namun terdapat tujuan – tujuan lain yang dapat dicakup.


3. Akuntansi biaya ( Cost Accounting )
Bidang ini menekankan pada penetapan dan kontrol atas biaya, fungsi utama akuntansi biaya adalah mengumpulkan dan menganalisa data mengenai biaya baik biaya yang telah maupun biaya yang akan terjadi
.

4. Akuntansi manajemen ( Management Accounting )
Titik sentral dalam akuntansi manajemen adalah informasi untuk manajemen perusahaan. Kegunaan akuntansi manajemen adalah mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan
.

5. Akuntansi perpajakan ( Tax Accounting )
Laporan akuntansi yang digunakan untuk tujuan perpajakan berbeda dengan laporan untuk tujuan lain. Hal ini disebabkan oleh berbedanya konsep tentang transaksi dan kejadian keuangan, metode pengukuran dan cara pelaporan
.

6. Sistem akuntansi ( Accounting System )
Merupakan bidang khusus dalam penyusunan serta pelaporan dari suatu sistem
.

7. Anggaran perusahaan ( Budgeting )
Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dimasa datang serta analisa dan pengontrolan
.

8. Akuntansi pemerintahan ( Govermental Accounting )
Bidang ini mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi – transaksi yang terjadi di badan pemerintah. Ia menyediakan laporan akuntansi tentang aspek kepengurusan dari administrasi keuangan negara
.

REFFERENSI :

Al. Haryono Jusuf. 2015. Dasar-dasar Akuntansi jilid 1. Bagian Penerbitan Sekolah Tingi Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Firdaus A.Dunia. 2013. Pengantar Akuntansi Edisi keempat. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 





0 Response to "Rangkuman Definisi, Peran dan Lingkup Pengantar Akuntansi semester 1"

Post a Comment